Sunday 14 January 2018

[Tips & Tricks] How to Optimization booting Windows



Pada kali ini saya akan berbagi kembali Tips & Trick yang berhubungan dengan booting Windows. Booting pada sistem operasi windows merupakan proses memuat data yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi agar bisa digunakan nantinya, mengingat pentingnya proses booting ini, ada beberapa file penting yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi, sebagai contoh :

1. NTLDR
2. BOOTXXX
3. KERNEL32
4. DLL


Beberapa File diatas sangatlah penting untuk dimuat saat proses booting, jika salah satunya kena virus atau rusak maka, dapat dipastikan akan mengalami kegagalan proses booting pada windows yang akan mengakibatkan tidak bisa masuk Windows, namun saya tidak akan menjelaskan masalah diatas, melainkan mengefisiensikan proses booting agar lebih cepat. Ok langsung saja ikuti langkah berikut :


1. klik icon Windows atau klik start, kemudian cari msconfig


2. klik msconfig, nanti akan muncul tampilan berikut, dan pilih TAB Startup, Startup ini merupakan beberapa program yang akan dimuat disaat proses booting secara otomatis, jadi kalian tidak perlu buka program secara manual kembali dikarenakan sudah dijalankan saat proses booting selesai.



3. Pada program diatas, ada beberapa program yang tidak perlu dijalankan secara otomatis saat proses booting selesai.. seperti, GOG Galaxy, DAEMON Tools, Java Platform, Tv-Plug-In, Starter Module dan Advanced System Care. program tersebut perlu di Uncek agar nanti saat proses booting tidak dijalankan program tersebut, terkecuali Antivirus, Intel, Nvidia, Ati, atau program lainnya yang biasanya bawaan dari driver motherboard.

Note : Untuk melakukan hal ini direkomendasikan dibutuhkan bimbingan dari orang yang memang sudah mengenal program-program yang penting atau tidak penting, atau jika kalian sudah familiar dengan beberapa program-program bisa dilakukan sendiri. Tidak direkomendasikan bagi yang pemula, atau tidak mengerti sama sekali program Windows, karena jika asal saja uncek yang seharusnya program tersebut penting, maka akan mengakibatkan ketidakstabilan Windows, dan tingkat lanjut bisa berakibat fatal, kegagalan booting Windows atau muncul Error pada Windows


4. Jika sudah diuncek, bisa di Apply dan klik OK



Jika sudah mengikuti langkah diatas, kemudian restart komputer kalian, dan kalian bisa merasakan sendiri perbedaannya, booting Windows akan lebih cepat dari yang biasanya, dikarenakan hanya sedikit program yang dijalankan secara otomatis, tidak terlalu banyak, karena sebelumnya sudah beberapa program kita uncek di TAB Startup.Ok semoga membantu kalian ya untuk optimalisasi komputer atau laptop kalian.



Terima Kasih.........
Share:

0 komentar:

Post a Comment